LupY

LupY

Selasa, 08 Juli 2014


LUMAJANG MY CITY



 
 Kabupaten Lumajang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lumajang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Lumajang merupakan kota kecil. namun Lumajang memiliki kebudayaan, makanan khas, dan pariwisata yang tak kalah dengan kabupaten lainnya. 


  1. BUDAYA
1.     Kesenian Jarak Kencak 
Kesenian Jaran Kencak adalah kesenian tradisi asli Lumajang, Jawa Timur yang mengangkat kisah kepahlawanan kuda Ranggalawe. Kesenian Jaran Kencak merupakan salah satu satu kekayaan kesenian tradisional Jawa Timur sekaligus Indonesia yang harus dilestarikan keberadaannya karena telah menjadi ikon dan identitas Kabupaten Lumajang 3. Kesenian Jaran Kencak Lumajang memiliki ciri khas permainan kendhang yang lebih rancak dari daerah sekitarnya yang juga memiliki kesenian yang hampir sama.

    2.  Upacara Ritual Hindu ( Pura Mandara Giri Semeru   Agung)

Pura ini merupakan pura yang paling dituakan oleh masyarakat Hindu. Hampir tiap hari ada masyarakat Bali yang berdoa di
      pura ini. Apalagi di hari-hari libur, rame- rame masyarakat Bali berkunjung kesini.



  1. MAKANAN KHAS
                 Lumajang mempunyai makanan khas yaitu serba pisang. Lumajang dikenal dengan sebutan                       kota Pisang dan memang pisang merupakan buah yang akan sering anda temui ketika Anda                             berkunjung ke Lumajang. Berbagai jenis pisang banyak dijual di pasar, tetapi ada satu pisang                             khas Lumajang, yaitu pisang agung.











  1. PARIWISATA
Lumajang mempunyai banya tempat wisata karena lumajang masih asri lingkungan alamnya. Wisata di lumajang berupa danau, pantai, air terjun, kolam renang, agrowisata dan lainnya. Salah satu wisata pemandian di lumajang adalah Slokambang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar